Berita

Universitas Terbuka Jakarta Choir Club atau UTJCC Gelar Konser Pertama Untuk Rayakan HUT Ke-4

25
×

Universitas Terbuka Jakarta Choir Club atau UTJCC Gelar Konser Pertama Untuk Rayakan HUT Ke-4

Share this article

KILASVIRAL.COM – Meskipun Universitas Terbuka tidak seperti universitas konvensional lainnya, namun dengan waktu kuliah yang fleksibel, mahasiswa/i-nya tetap bisa berkarya di bidangnya masing-masing. Contohnya bisa dilihat melalui mahasiswa/i Universitas Terbuka Jakarta yang tergabung dalam Universitas Terbuka Jakarta Choir Club (UTJCC).

UTJCC sendiri merupakan wadah bagi mahasiswa/i Universitas Terbuka Jakarta yang memiliki minat dalam seni suara dan menyalurkan bakatnya dalam paduan suara. 

Atas tekad dan kegigihannya berkarya, anggota UTJCC yang terdiri dari mahasiswa dengan berbagai profesi ini mampu menyesuaikan waktu mereka untuk berlatih sehingga pada tanggal 29 Oktober 2023, mereka dapat menyelenggarakan kegiatan konser untuk pertama kalinya dalam rangka merayakan Ulang Tahun yang ke-4 sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Digelar di Gedung Pertunjukan GOR Bulungan, Jakarta Selatan, terdapat kurang lebih 279 penonton yang hadir untuk menyaksikan konser perdana UTJCC tersebut. Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Universitas Terbuka Jakarta hingga perwakilan dari Ketua Ikatan Alumni Universitas Terbuka juga para orangtua mahasiswa/i dan kolega dari masing-masing chorister.

Baca juga: UT Jakarta Gelar PKBJJ untuk Berikan Keterampilan Mahasiswa Baru Sambut Sistem Perkuliahan

Kegiatan ini dimulai dengan beberapa sambutan diawali oleh Ketua Panitia The 1st Concert of UTJCC, Taufiqurrahman dan Direktur Universitas Terbuka Jakarta, Bapak Ir. Edward Zubir, M.M., yang kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali sebagai tanda konser UTJCC dimulai. 

Dalam sambutannya, Direktur Universitas Terbuka Jakarta mengapresiasi dan merasa bangga terhadap para mahasiswa yang tergabung dalam UTJCC dan berharap ke depannya paduan suara mahasiswa yang dibentuk sejak 2019 tersebut tak hanya berkiprah serta menuai prestasi di lingkungan kampus namun juga di luar kampus, baik di dalam dan luar negeri.

“Melihat perjalanan mereka ini dari tahun ke tahun saya sangat kagum. Mudah-mudahan ini awal bukti bahwa mereka tidak hanya berkiprah di dalam lingkungan Universitas Terbuka, di lingkungan kampus tapi mulai sekarang, selanjutnya mereka akan berkiprah di luar kampus,” tegas Edward Zubir. 

“UTJCC ini bagian dari 62.800 mahasiswa UT Jakarta dan kami bangga dengan mereka,” sambungnya lagi. 

Seluruh rangkaian kegiatan ini dipenuhi dengan pertunjukan dari Paduan Suara Mahasiswa Universitas Terbuka Jakarta yang menampilkan beberapa lagu daerah, lagu modern dan juga lagu kekinian yang sedang happening, seperti lagu Ondel-Ondel, Sigulempong, Manuk Dadali, Kampuang Nan Jauh di Mato, Hela Rotane, Paris Barantai, Bungong Jeumpa, Karena Cinta, Ojo Dibandingke,  Rungkad, Why We Sing, A Million Dreams dan This is Me.

Baca juga: UT Jakarta Luluskan 2.959 Wisudawan, Diharapkan Jadi Pribadi yang Unggul Berdasarkan Nilai Pancasila

Selain itu, dalam acaranya UTJCC juga menghadirkan Green Coustic sebagai bintang tamu, yang mana band tersebut dibawah tanggung jawab Bpk. Unggul Utan Sufandi S.Kom, M.Si. sebagai Direktur Pusat Pengelolaan Bisnis dan Investasi Universitas Terbuka. 

Terakhir, penampilan penutup yang begitu spesial dibawakan oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Terbuka Jakarta Choir Club, yaitu berkolaborasi bersama teman-teman tuli dari Pesantren Tahfiz Difabel K.H Lutfi Fathullah BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta dengan membawakan lagu “Laskar Pelangi” menggunakan bahasa isyarat bisindo serta pemberian apresiasi berupa sebuah plakat dan donasi. 

Penampilan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Terbuka Jakarta Choir Club bersama teman-teman tuli ini pun makin memberikan kesan mendalam bagi seluruh penonton yang hadir pada malam itu.

Seperti diketahui bahwa Universitas Terbuka Jakarta merupakan PTN (perguruan tinggi negri) dengan sistem perkuliahan jarak jauh, di mana 75 persen mahasiswanya lebih diminati oleh masyarakat yang telah bekerja. 

Namun, ternyata mahasiswa Universitas Terbuka Jakarta tetap aktif menyalurkan bakat dan minat dalam organisasi kemahasiswaan, salah satunya Paduan Suara Mahasiswa Universitas Terbuka Jakarta. 

Selama perjalanannya, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Terbuka Jakarta telah banyak berkiprah dalam berbagai kegiatan dan kompetisi nasional. Prestasi yang diraih oleh UTJCC meliputi Juara 3 The 1st Universitas Terbuka National Choir Festival (2019), Juara 3 kategori Paduan Suara Daring Disporseni Nasional Universitas Terbuka (2020), Juara 2 kategori Duet Vokal Daring Disporseni Nasional Universitas Terbuka (2021), Juara 2 kategori duet vokal dan Juara III kategori Vokal Grup Disporseni Nasional Universitas Terbuka (2022), Juara Harapan 1 kategori Solo Vokal Putera, Juara 3 kategori Solo Vokal Puteri, dan Juara 3 kategori Vokal Grup Disporseni Nasional Universitas Terbuka Jakarta (2023).

Menurut Imelda, pelatih sekaligus konduktor dari organisasi Paduan Suara Mahasiswa Universitas Terbuka Jakarta Choir Club, pencapaian mereka tidak terlepas dari dukungan Universitas Terbuka yang selalu menginginkan mahasiswanya bisa berprestasi baik dari segi akademis maupun non akademis.

Baca juga: UT Gelar Puncak Dies Natalis ke-39, Beri Penghargaan ke Tribun Network

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *