Berita

TNI Gadungan di Pasar Rebo Gondol Handphone Puluhan Juta Rupiah

24
×

TNI Gadungan di Pasar Rebo Gondol Handphone Puluhan Juta Rupiah

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

KILASVIRAL.COM, PASAR REBO – Ulah pria berinisial KNP (41) melakukan penipuan dengan modus berpura-pura menjadi anggota TNI berakhir di sel tahanan Mapolsek Pasar Rebo, Jakarta Timur.

KNP diringkus jajaran Unit Reskrim Polsek Pasar Rebo atas ulah penipuan pembelian handphone yang dilakukan dengan mengenakan atribut pakaian, celana, dan, sepatu anggota TNI.

Kapolsek Pasar Rebo Kompol Haris Akhmat Basuki mengatakan penangkapan KNP bermula ketika pelaku melakukan penipuan terhadap warga yang hendak menjual handphone melalui Facebook.

“Pelaku menghubungi korban lalu menentukan tempat bertransaksi di Jalan Mahoni, Gedong dengan menggunakan kaos hijau, celana panjang warna hijau,” kata Haris, Jumat (25/11/2023).

Sesampainya di lokasi untuk melakukan cash on delivery (COD) pelaku meminta korban menunjukkan handphone dengan dalih untuk diperiksa sebelum melakukan pembelian.

Setelah dirasa korban percaya, KNP kemudian meninggalkan lokasi membawa handphone tersebut dengan alasan hendak menelpon dan mengisi daya handphone hendak dibeli.

“Saat korban lengah pelaku pergi membawa handphone tanpa melakukan pembayaran. Sehingga korban mengalami kerugian karena handphone yang dijual dibawa pelaku,” ujarnya.

Haris menuturkan aksi KNP sempat berjalan mulus hingga akhirnya beberapa saat kemudian saat korban yang sama kembali memasang iklan penjualan handphone di Facebook.

Saat korban memasang iklan penjualan handphone tersebut, KNP kembali menghubungi korban dengan modus mengajak COD sebagaimana dilakukan pelaku sebelumnya.

Kapolsek Pasar Rebo Kompol Haris Akhmat Basuki saat menunjukkan barang bukti kasus penipuan dilakukan KNP (41), Jakarta Timur, Jumat (24/11/2023).

Beruntung korban yang curiga lebih dulu melaporkan kasus ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Pasar Rebo guna menjebak pelaku saat melakukan transaksi.

“Korban bersama Piket Reskrim Polsek Pasar Rebo mendatangi tempat yang telah disepakati. Ternyata laki-laki tersebut adalah orang yang sama dengan penipu sebelumnya,” tuturnya.

Haris mengatakan saat awal penyelidikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polisi Militer (POM) TNI, dan hasilnya KNP dipastikan merupakan anggota TNI gadungan.

Dari hasil penyidikan jajaran Unit Reskrim Polsek Pasar Rebo KNP mengaku menggunakan kaos, celana panjang, dan sepatu pakaian dinas lengkap (PDL) untuk meyakinkan korban.

Barang bukti yang diamankan penyidik Unit Reskrim Polsek Pasar Rebo yakni kaos, celana panjang, sepatu PDL dikenakan pelaku saat kejadian, dan dus handphone milik korban.

“Pelaku menggunakan modus seragam, atribut, atau emblem tertentu, yang sengaja digunakan untuk menakuti dan meyakinkan korban. Pelaku kita jerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan,” lanjut Haris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *