Berita

Sejarah TPST Bantargebang yang Alami Kebakaran Siang Tadi, Sempat Jadi Lahan Proyek Properti

26
×

Sejarah TPST Bantargebang yang Alami Kebakaran Siang Tadi, Sempat Jadi Lahan Proyek Properti

Share this article

KILASVIRAL.COM – Api dan asap hitam membumbung tinggi dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

TPST Bantargebang rupanya dilanda kebakaran hebat pada Minggu, (29/10/2023) siang.

Informasi ini dikonfirmasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Asep Kuswanto yang menyebut peristiwa ini terjadi siang tadi di Zona 2 Jambore area TPST Bantargebang.

“Lokasi kebakaran tepat di depan power house dan PLTSA,” ucapnya saat dikonfirmasi TribunJakarta.com, Minggu (29/10/2023).

Kondisi ini diperparah dengan hembusan angin yang menyebabkan api cepat merambat ke lokasi lain.

“Info dari lapangan tiba-tiba langsung muncul asap dan memang di sekitar lokasi tersebut (banyak) sampah kering,” ujarnya.

Untuk memadamkan api, saat ini puluhan mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kebakaran.

“Untuk sementara yang kami kerahkan ada empat mobil tangki air UPST, 2 damkar UPTS, 6 damkar dari DKI Jakarta, dan 4 damkar dari Kota Bekasi,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan penyebab kebakaran diduga pengaruh cuaca panas.

“Info dari lapangan tiba-tiba langsung muncul asap dan memang di sekitar lokasi tersebut (banyak) sampah kering,” terang Adji.

Belasan mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/10/2023). (Kolase Foto Tribun Jakarta)

Sejarah TPST Bantargebang

TPST Bantargebang merupakan tempat pembuangan sampah yang berlokasi di Kelurahan Ciketing Udik, Sumur Batu, dan Cikiwul, Bekasi, Jawa Barat.

Bantargebang memiliki luas lahan sebesar 108 hektar yang dimanfaatkan oleh Pemerintah Bekasi dan Pemerintah DKI Jakarta untuk membuang sampah.

Pada tahun 2021, Pemprov DKI Jakarta menyebutkan, ketinggian timbunan sampah di TPST Bantargebang sudah mencapai maksimal dengan ketinggian 50 meter.

Adapun pada 20 Januari 2023, lalu TPST Bantargebang juga sempat viral di media sosial lantaran disebut-sebut memiliki ketinggian setara gedung 16 lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *