Berita

Rumah Warga yang Rusak Tertimpa Longsoran Tembok TPU Cibubur II Bakal Diperbaiki

22
×

Rumah Warga yang Rusak Tertimpa Longsoran Tembok TPU Cibubur II Bakal Diperbaiki

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

KILASVIRAL.COM, CIRACAS – Pemkot Jakarta Timur bakal memperbaiki rumah warga RT 15/RW 05, Cibubur, Ciracas yang rusak tertimpa longsoran pagar tembok TPU Cibubur II pada Sabtu (4/11/2023).

Perbaikan terhadap rumah warga yang tertimpa tembok TPU setinggi 1,5 meter tersebut bakal dilakukan Sudin Sumber Daya Air (SDA) dan Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur.

Kepala Sudin SDA Jakarta Timur, Wawan Kurniawan mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Sudin Pertamanan dan Hutan Kota agar dalam waktu dekat perbaikan dilakukan.

“Memang ada rumah yang retak akibat terdorong robohan pagar TPU. Sudin Taman dan Pemakaman berkoordinasi dengan SDA untuk memperbaiki,” kata Wawan, Selasa (7/11/2023).

Sudin SDA Jakarta Timur turut melakukan perbaikan karena longsornya tembok TPU Cibubur II yang menimpa rumah warga itu dipicu banjir luapan Phb Kali Caglak berada di area TPU.

Sudin SDA Jakarta Timur pun kini tengah dalam proses membangun turap Phb Kali Caglak di area TPU Cibubur II dengan target pengerjaan rampung pada 14 November 2023.

Namun sebelum turap tersebut rampung dibangun debit air Phb Kali Caglak meluap karena tingginya curah hujan hingga akhirnya air meluap lalu menerjang tembok TPU Cibubur II.

“Dari Tamhut (Pertamanan dan Hutan Kota) menyediakan bahan material untuk perbaikan rumah. Kita (SDA) menyediakan satgas tukang untuk melakukan perbaikan,” ujar Wawan.

Menurutnya kerusakan rumah warga yang terdampak longsoran tembok TPU Cibubur II tidak terlampau parah, sehingga diharapkan tidak butuh waktu lama untuk melakukan perbaikan.

Sementara penanganan awal pembersihan material puing tembok dari akses jalan permukiman warga sudah dilakukan petugas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, serta PPSU Kelurahan Cibubur.

“Tadi saya sudah koordinasi dengan Kasi Pemeliharaan SDA untuk perbaikan rumah warga. Dari pihak SDA mau bantu perbaiki,” tutur Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin.

Sebelumnya tembok TPU Cibubur II longsor diterjang banjir luapan Phb Kali Caglak pada Sabtu (4/11/2023) sekira pukul 20.30 WIB hingga menimpa rumah warga RT 15/RW 05.

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian karena pemilik rumah bergegas menyelamatkan diri saat tembok yang berbatasan langsung dengan permukiman warga tersebut.

Banjir luapan Phb Kali Caglak Juga mengakibatkan dua makam yang berada dekat tembok TPU Cibubur II amblas, namun kini sudah diperbaiki petugas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *