Berita

Purnawirawan Hingga Artis Gelar Mimbar Kebangsaan, Bahas Kondisi Politik Jelang Pemilu

25
×

Purnawirawan Hingga Artis Gelar Mimbar Kebangsaan, Bahas Kondisi Politik Jelang Pemilu

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

KILASVIRAL.COM, KELAPA GADING – Ratusan purnawirawan TNI-Polri serta berbagai tokoh dari kalangan artis dan budayawan, mengikuti dialog Mimbar Kebangsaan yang dihelat Relawan Gapura Nusantara di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (16/11/2023).

Dalam kesempatan ini, mereka membahas hambatan dalam mematangkan demokrasi serta kondisi politik di Indonesia saat ini.

Ketua Umum Relawan Gapura Nusantara Laksamana Madya TNI (Purn.) Agus Setiadji mengatakan, relawan dikumpulkan dalam menghadapi berbagai tantangan politik yang terjadi jelang Pemilu 2024.

“Sesuai dengan kondisi Indonesia saat ini, kita semua tahu bahwa Indonesia sedang menghadapi sejumlah tantangan sangat berat,”

“Kondisi yang tidak sepenuhnya baik-baik saja, di mana konstitusi negara sedang dikoyak secara terstruktur, sistematis, dan masif oleh penyelenggara negara,” kata Agus di lokasi.

Agus menuturkan.dalam Mimbar Kebangsaan, Relawan Gapura Nusantara memfasilitasi para tokoh-tokoh bangsa memberikan arah kebijakan terkait situasi politik yang terjadi akhir-akhir ini.

Sejumlah narasumber mulai dari pengamat politik Ray Rangkuti, pakar pertahanan Connie Rahakundini Bakrie, budayawan Eros Djarot, Ketua Umum Persatuan Artis Sinema Indonesia Anwar Fuady, hingga mantan Kapolri Jenderal (Purn.) Surojo Bimantoro dan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI (Purn.) Bernard Kent Sondakh pun turut menyampaikan pendapatnya.

“Apa yang kita lakukan akan terus kita lakukan dalam rangka menjaga demokrasi di Indonesia ini,”

“RGN akan tegak lurus menjaga NKRI sesuai dengan konsensus dasar yang kita sepakati bersama di Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, kita tidak akan tinggal diam, kita akan bergerak,” ucap Agus.

Panglima TNI Diminta Tegak Lurus ke Rakyat

Di kesempatan yang sama, pengamat militer Connie Rahakudini Bakrie meminta para jenderal purnawirawan TNI mengingatkan calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto untuk tegak lurus kepada rakyat dan negara.

Connie menegaskan agar Panglima TNI tidak bisa hanya tegak lurus kepada Presiden Joko Widodo.

Sebab, menurutnya TNI berasal dari rakyat dan bekerja untuk rakyat.

“Kepada para senior hari ini semua, senior dari AU, AD, AL, saya mau ingatkan, tolong ingatkan adik-adik yang mau jadi panglima, siapa pun itu, tegak lurus TNI harus kepada rakyat dan negara,” ucap Connie di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (16/11/2023).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *