Berita

Pencalonan Gibran Masih Menjadi Drama, Pengamat Ungkap Teori Plot Twist Politik Ala Jokowi

24
×

Pencalonan Gibran Masih Menjadi Drama, Pengamat Ungkap Teori Plot Twist Politik Ala Jokowi

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Elga Hikari Putra

KILASVIRAL.COM – Pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pada Pilpres 2024 masih menjadi drama politik hingga hari ini.

Terbaru mengenai putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) bahwa adanya pelanggaran etik berat dari Anwar Usman sehingga dicopot dari jabatan Ketua MK.

Namun putusan MKMK yang sebatas etik dan tidak membatalkan putusan MK mengenai batas usia capres cawapres membuat Koalisi Indonesia Maju (KIM) tetap akan mengusung Prabowo-Gibran.

Pengamat politik dari Universitas Nasional, Selamat Ginting meyakini 99 persen Gibran akan pasti tetap berlaga di Pilpres 2024.

“Karena keputusan hanya bisa dibatalkan dengan keputusan, bukan dengan persoalan etik,” kata Ginting saat dihubungi, Selasa (8/11/2023).

Mengenai dinamika politik yang terjadi saat ini, Ginting mengungkap teori plot twist politik yang nampaknya dimainkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Maka kalau dilihat dari jeda waktu, Jokowi menggunakannya dengan long term (jangka panjang), sehingga itu dibukanya di ujung bukan di awal, sehingga orang terkecoh dari awal,” kata Ginting.

Dijabarkan Ginting, metode yang paling mudah dlihat dari teori plot twist politik yakni dengan menyesatkan informasi.

“Metodenya itu menyesatkan informasi, menggunakan politik arahnya seakan ke barat padahal ke timur,” kata Ginting.

Menurut Ginting, cara itu sukses dilakukan Jokowi sebagai aktor politik.

Bahkan, PDIP yang merupakan partai tempat Jokowi berasal kini turut merasakan dari permainan politk yang dimainkan Jokowi.

“Semakin orang terkejut dan tertipu maka semakin berhasil teori itu.

Skenarionya tentu dibuat sangat detail sekali,” ujar Ginting.

Kembali ke putusan MKMK, meski tak membatalkan pencalonan Gibran, Ginting menyebut putusan itu bisa menjadi bahan bagi pesaing Prabowo-Gibran untuk menyerang.

“Disinilah ada jalan bagi kekuatan politik untuk memanfaatkan, mengeksploitasi termasuk dengan cara hak angket di DPR,” ucap Ginting.

Baca artikel menarik TribunJakarta.com lainnya di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *