Berita

Minta Golkar Tak Salah Pilih Cagub DKI, Pengamat: Ridwan Kamil Unggul Segalanya Dibanding Ahmed Zaki

52
×

Minta Golkar Tak Salah Pilih Cagub DKI, Pengamat: Ridwan Kamil Unggul Segalanya Dibanding Ahmed Zaki

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

KILASVIRAL.COM – Nama eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disebut-sebut tengah dipersiapkan Golkar untuk maju di Pilkada DKI 2024.

Di sisi lain, DPD Golkar DKI belakangan masih ngotot ingin mendorong mantan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk maju sebagai calon gubernur (Cagub) DKI.

Kebetulan, Zaki kini juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar periode 2020-2025.

Pengamat politik Jamiluddin Ritonga pun mewanti-wanti Golkar untuk tidak salah pilih sosok yang mau didorong di Pilkada DKI.

Dibandingkan Ahmed Zaki, Ridwan Kamil dinilai lebih berpeluang menang di Jakarta.

Merujuk pada hasil survei Center for Strategic and Indonesian Studies (CSIS), elektabilitas Ridwan Kamil sebagai Cagub DKI menjadi yang teratas dengan 7,11 persen.

Sedangkan, sosok Ahmed Zaki sama sekali tak diperhitungkan dalam bursa Pilkada DKI.

“Elektabilitas Zaki kalah jauh bila dibandingkan dengan Ridwan Kamil,” ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (8/11/2023).

Tak hanya dari segi elektabilitas, Zaki juga dinilai tak punya prestasi menonjol selama dua periode terakhir menjabat sebagai Bupati Tangerang.

“Selama jadi Bupati Tangerang, prestasi Zaki biasa saja. Sementara Ridwan Kamil punya prestasi cukup banyak selama menjadi Gubernur Jawa Barat,” ujarnya.

Menurut hasil survei CigMark pada April 2023 lalu menunjukkan kepuasan warga Jawa Barat terhadap kinerja Ridwan Kamil mencapai 90,26 persen.

Oleh karena itu, pengamat dari Universitas Esa Unggul ini menilai Ridwan Kamil punya segalanya dibandingkan Ahmed Zaki untuk maju di Pilkada DKI.

“Dilihat dari elektabilitas dan prestasi, Ridwan Kami jauh lebih unggul. Karena itu, Ridwan Kamil kiranya lebih berpeluang menang bila maju di Jakarta daripada Zaki,” tuturnya.

Baca artikel menarik TribunJakarta.com lainnya di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *