Berita

Mengenal Brigade Givati, Pasukan Pertahanan Israel yang K.O Disergap Rudal Hamas

23
×

Mengenal Brigade Givati, Pasukan Pertahanan Israel yang K.O Disergap Rudal Hamas

Share this article

KILASVIRAL.COM – Jalur Gaza masih diwarnai pertempuran antara pasukan Hamas dan tentara Israel.

Terbaru, belasan tentara Israel dilaporkan tewas saat berusaha masuk jauh ke dalam Jalur Gaza pada Selasa (31/10/2023).

Dikutip dari Time of Israel, Otoritas militer Israel pada Rabu (1/11/2023) mengatakan, banyaknya korban yang harus dibayar oleh Israel untuk melenyapkan kelompok Hamas.

Militer Israel mengungkapkan, 11 tentara dari Batalyon Tzabar Brigade Infanteri Givati tewas ketika sebuah pengangkut personel lapis baja Namer yang mereka tumpangi terkena peluru kendali anti-tank yang ditembakkan oleh Hamas,

Sementara, empat tentara lainnya terluka dalam insiden yang sama, termasuk satu tentara yang luka parah.

Sejumlah tentara Israel tewas ketika tank yang mereka tumpangi menabrak alat peledak.

Masih pada hari yang sama, seorang tentara dari Batalyon Rotem pimpinan Givati terluka parah dalam bentrokan terpisah dengan milisi di Jalur Gaza, kata IDF.

Zona pertempuran perkotaan diperkirakan dipenuhi dengan bom dan jebakan serta dilemahkan oleh jaringan terowongan yang luas yang digunakan oleh pejuang Hamas untuk menyergap atau mengejutkan pasukan.

Lantas, siapa sebenarnya Brigade Givati dan apa tugasnya?

Brigade Givati

Dirangkum TribunJakarta dari berbagai sumber, Brigade Givati adalah brigade infanteri pasukan pertahanan Israel yang dibentuk pada Desember 1947.

Brigade Givati berasal dari bahasa Ibrani yang artinya Brigade Bukit atau Brigade Dataran Tinggi. Namun Brigade Givati ini tak sebatas bertugas di dataran tinggi saja, mereka juga bertugas sebagai pasukan amfibi.

Serangan Israel ke Libanon selatan menewarkan wartawan Reuters dan melukai sejumlah wartawan dari media internasional seperti Aljazeera, AFP, dan AP. Sekjen PBB Antonio Guterres mengkhawatirkan perang Israel Vs Hamas akan semakin meluas. (aljazeera.com)

Para prajurit Givati menggunakan baret ungu di pakaian mereka.

Simbol Brigade Givati adalah rubah, yang merujuk pada Shualei Shimshon yang artinya Rubah-rubah Samson, sebuah unit dalam perang Arab-Israel 1948.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *