Berita

Kerja Bakti di Pasar Rebo Angkut 29 Ton Sampah dan 50 Meter Kubik Lumpur

22
×

Kerja Bakti di Pasar Rebo Angkut 29 Ton Sampah dan 50 Meter Kubik Lumpur

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

KILASVIRAL.COM, PASAR REBO – Sebanyak 29 ton sampah diangkut dalam kerja bakti serentak yang dilakukan petugas gabungan dan warga Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Minggu (19/11/2023).

Camat Pasar Rebo, Mujiono mengatakan jumlah tersebut merupakan hasil kegiatan kerja bakti yang dilakukan secara serentak pada lima kelurahan dalam program Bakti Kita untuk Jakarta.

“Total volume sampah yang diangkut di Pasar Rebo 29 ton. Untuk lumpur yang diangkut (dari saluran air) 50 meter kubik,” kata Mujiono saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Minggu (19/11/2023).

Keseluruhan sampah dan lumpur itu diangkut ratusan petugas, ASN berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan warga dari jalan lingkungan, saluran air, dan Phb Kali Gongseng.

Diharapkan hasil kerja bakti ini dapat mencegah risiko genangan dan banjir di permukiman warga Kecamatan Pasar Rebo saat Jakarta memasuki puncak musim hujan awal tahun 2024 nanti.

“Sampah yang diangkut didominasi plastik. Selain membersihkan sampah dan lumpur tadi juga dilakukan penopingan (pemangkasan batang) pohon-pohon untuk mencegah kejadian pohon tumbang,” ujarnya.

Sementara untuk pengangkutan seluruh sampah dan lumpur hasil kerja bakti, Mujiono menuturkan pihaknya mengerahkan dua kendaraan dinas operasional (KDO) truck typer besar.

Kemudian empat KDO truck typer kecil, satu unit KDO truck compactor kecil, satu unit KDO arm roll kecil dari Satpel Lingkungan Hidup (LH) dan Satpel Pertamanan dan Hutan Kota Pasar Rebo.

“Untuk hasil toping yang belum bisa diangkut (hari ini) maka diangkut besok. Biasanya hari Senin teman-teman LH dan Pertamanan masih mengangkut sisa-sisa sampah hasil kerja bakti,” tuturnya.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *