Berita

Kawasan Kumuh di Jakarta Ditata Jadi Asri dan Terawat

27
×

Kawasan Kumuh di Jakarta Ditata Jadi Asri dan Terawat

Share this article

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya BimaSuci
 
KILASVIRAL.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya melakukan penataan kawasan untuk mengubah wajah Ibu Kota menjadi lebih asri.

Penataan tersebut menyasar pada lahan-lahan kosong atau kurang terawat, melalui program berbasis kelurahan.

Setiap kelurahan diberi tugas menata kawasan yang kurang terawat tersebut, sesuai dengan lingkup tugasnya serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait.
Sementara setiap kecamatan, diharapkan memberi dukungan terhadap penataan kawasan yang dilakukan di tingkat kelurahan itu.

Adapun lokasi yang akan ditata dipilih berdasarkan keluhan atau masukan dari warga, seperti tempat pembuangan sampah liar atau wilayah kumuh lainnya.

Dengan demikian, masyarakat dapat merasakan manfaat penataan kawasan di setiap kelurahan seluruh wilayah DKI Jakarta.

Tiga kriteria yang menjadi acuan dalam penataan tersebut, meliputi bersih, hijau, dan tertib.

Bersih berarti tidak ada sampah dalam bentuk apapun, terdapat tempat sampah pilah, saluran atau tali air bersih dan berfungsi dengan baik, tidak terdapat coretan liar, serta sarana dan prasarana milik Pemprov DKI Jakarta terawat dengan baik.

Sedangkan hijau artinya terdapat pohon atau tanaman di lokasi penataan kawasan.

Pohon/tanaman tersebut, harus terawat dengan baik.

Sementara tertib berarti tidak terdapat Pedagang Kaki Lima (PKL) liar, tak ada parkir liar, dan tiada spanduk liar di sepanjang lokasi penataan. 

Monitoring dan evaluasi terhadap program penataan kawasan berbasis kelurahan ini, dilakukan oleh Biro Pemerintahan bersama Inspektorat, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), serta Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta, sesuai tugas dan wewenang masing-masing.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono pun mengapresiasi para lurah yang sudah menata kawasan di wilayahnya masing-masing dengan baik.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para lurah di Jakarta yang terus mendapatkan dan menambah ruang terbuka hijau,” kata dia, saat melantikratusan pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta pada awal Oktober 2023 lalu.

Dilakukan di Pondok Kopi

Sementara itu, Kelurahan Pondok Kopi yang berada di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, menjadi salah satu wilayah yang sudah melakukan penataan kawasan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *