Berita

Dimulai Hari Ini, Razia Uji Emisi dengan Sanksi Tilang Digelar di Jakarta hingga 51 Kali

24
×

Dimulai Hari Ini, Razia Uji Emisi dengan Sanksi Tilang Digelar di Jakarta hingga 51 Kali

Share this article

KILASVIRAL.COM – Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya kembali melaksanakan razia uji emisi kendaraan mulai hari ini, 1 November 2023.

Sanksi tilang bakal dikenakan bagi kendaraan yang kedapatan tidak lolos uji emisi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, razia dengan pemberian sanksi tilang ini dilakukan lagi lantaran dianggap efektif untuk memperbaiki kualitas udara.

“Ini sangat efektif, hasil kajian kami bersama NGO Internasional Vital Strategies menunjukan intervensi sumber emisi dari sumber bergerak manfaat terbesar berasal dari uji emisi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (31/10/2023).

Hal ini yang kemudian menjadi acuan Dinas LH DKI bersama Polda Metro Jaya kembali melaksanakan razia uji emisi mulai November besok.

Adapun razia uji emisi kendaraan dengan pengenaan sanksi tilang sebelumnya sudah dilaksanakan pada September 2023 lalu.

“Kami sudah melibatkan berbagai pihak untuk melakukan evaluasi, hasilnya razia uji emisi ini kembali dilanjutkan dengan beberapa penyempurnaan dalam pelaksanaannya,” ujarnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menambahkan, pelaksanaan razia uji emisi ini tak akan menyusahkan masyarakat.

“Pemerintah melakukan penindakan ini bukan untuk membuat susah masyarakat, tapi untuk menjaga kesehatan masyarakat, untuk mendisiplinkan,” tuturnya.

51 Kali Razia

Asep mengatakan, pelaksanaan razia uji emisi bakal dilakukan secara konsisten hingga akhir tahun 2023.

Razia bakal dilaksanakan di sejumlah wilayah di lima kota administrasi DKI Jakarta.

“Hingga akhir tahun ini, Dinas LH DKI bersama Polda Metro akan melaksanakan razia uji emisi sebanyak 51 kali dan tersebar di sejumlah titik di lima wilayah DKI Jakarta,” tuturnya.

Penampakan langit Penjaringan, Jakarta Utara, dari udara pada Rabu (16/8/2023) siang. Polusi yang tampak seperti kabut menutupi bidikan kamera drone.  (Istimewa)

Ia pun mengingatkan seluruh warga pengguna kendaraan pribadi untuk segera melakukan uji emisi, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Segera uji emisi, karena razia uji emisi sekarang jangkauannya lebih luas, kami sudah sosialisasikan sejak jauh-jauh hari,” kata Asep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *