Berita

Batal Nyalon di Depok, Kaesang Dipertimbangkan Maju Pilkada DKI, Jejak Jokowi yang Dilongkap Gibran

25
×

Batal Nyalon di Depok, Kaesang Dipertimbangkan Maju Pilkada DKI, Jejak Jokowi yang Dilongkap Gibran

Share this article

KILASVIRAL.COM – Setelah batal menjadi calon wali kota atau Cawalkot Depok, Kaesang Pangarep yang kini Ketua Umum (Ketum) PSI, dipertimbangkan untuk maju Pilkada DKI Jakarta 2024.

Pertimbangan itu disampaikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta yang melihat hasil Rembuk Rakyat nyaris tak bisa dijalankan lagi.

Mekanisme PSI dalam memilih jagoan di kontestasi politik itu mulanya mengamanatkan kepada Wali Kota Solo yang juga kakak kandung Kaesang, Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi calon gubernur (Cagub) DKI.

Namun rupanya jalan Gibran berbeda dengan ayahnya, Jokowi yang harus menapaki Pilkada DKI terlebih dahulu setelah dari Wali Kota Solo, sebelum berkontestasi di Pilpres.

Gibran yang baru dua tahun memimpin Solo melongkap Jakarta dan langsung berlaga di Pilpres 2024.

Suami Selvi Ananda itu diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, PSI, Garuda, Gelora dan Prima, untik menjaadi cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Prabowo-Gibran pun sudah mendaftar ke KPU pada Rabu (25/10/2023) kemarin.

Kaesang untuk Pilkada DKI

Soal Kaesang yang diperhitungkan untuk maju Pilkada DKI 2024 diucapkan oleh Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Elva Qolbina.

Sebelumnya, Rembuk Rakyat PSI untuk Pilkada DKI memilih Gibran untuk menjadi Cagub.

Voting Rembuk Rakyat itu sempat digelar PSI pada 7 Mei dan berakhir pada 22 Juni 2023.

Gibran berada di urutan pertama hasil poling Rembuk Rakyat PSI setelah memperoleh 26,13 persen suara mengalahkan delapan nama lainnya.

Di urutan kedua ada nama Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono sebesar 16,77 persen dan Wakil Dewan Pembina Partai PSI, Grace Natalie di urutan ketiga dengan 15,7 persen.

Jajaran pengurus PSI DKI Jakarta saat mengumumkan hasil voting rembuk rakyat untuk menjaring Calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024. Nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka berada di urutan teratas. (Elga Hikari Putra/TribunJakarta.com)

Selanjutnya, di urutan empat ada nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan 15,20 persen suara, diikuti Menteri Sosial, Tri Rismaharini 13,7 persen, dan KSAD, Jenderal Dudung Abdurachman di urutan enam dengan 8,85 persen.

Di urutan tujuh ditempati Wali Kota Bogor, Bima Arya 1,88 persen, Kabarharkam Polri, Komjen Muhammad Fadil Imran 1,35 persen dan terakhir ada nama Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dengan 0,97 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *